Teknik-teknik Fotografi

ada beberapa teknik di dalam fotografi, berikut ini adalah beberapa teknik fotografi yang mengutamakan permainan kecepatan rana (shuter speed):

a. teknik dengan menggunakan kecepatan rana tinggi:

  • freezing

freezing adalah teknik membekukan objek yang bergerak, karena menggunakan kecepatan rana yang tinggi maka hasilnya adalah foto yang mem­perlihatkan subjek foto tepat di tengah gerakan yang sedang dilakukan. freezing tidak bisa menggunakan shuter speed yang rendah karena hasilnya akan menimbulkan blur yang memberi kesan gerak.

b. Teknik dengan menggunakan kecepatan rana rendah:

  • Show Action
Secara teknis, kecepatan dari teknik ini adalah dibawah 1/60s dan diafragma di angka besar (bukaan kecil). Gambar yang dihasilkan nantinya adalah semua benda yang bergerak akan terlihat blur, sedangkan benda yang diam tak bergerak akan tetap jelas seperti apa adanya.

  • Panning

Panning adalah teknik fotografi yang akan menghasilkan foto di mana objek yang bergerak akan terlihat jelas sedangkan objek yang diam akan terlihat blur. Ini bisa dilakukan jika si fotografer mengikuti arah objek yang bergerak ketika memotret.

  • Zooming
Zooming merupakan teknik yang membarikan kesan gerak dengan mengubah panjang fokus lensa pada saat exposure. Teknik ini hanya bisa dilakukan dengan menggunakan lensa zoom. Teknik ini menggunakan cara memutar lensa, baik itu zoom in maupun zoom out pada saat menekan shutter.

  • Bulb

Pada dasarnya, ketika shutter ditekan, maka jendela rana akan membuka dan sensor/film akan merekam gambar.Teknik bulb adalah fotografi yang caranya dengan menekan shutter terus dengan timing waktu yang sudah ditentukan. Umumnya, teknik ini digunakan untuk memotret mobil bergerak di malam hari, sehingga yang dihasilkan hanyalah garis-garis lampu yang terbentuk dari mobil yang bergerak.

Pada teknik yang menggunakan shutter speed rendah alangkah baiknya jika si fotografer menggunakan tripod untuk menghindari kamera goyang pada saat memotret.

ada pula teknik2 lain, ini adalah beberapa tekniknya:

  • double/multiple exposure

Sebenarnya saya masih kurang mengerti dengan teknik ini, tapi saya akan coba menjelaskan teknik ini. Teknik ini merupakan teknik yang cukup menarik karena menghasilkan gambar yang unik. Dalam satu frame foto kita dapat menghasilkan foto orang yang sama dengan pose yang berbeda. Untuk menghasilkan foto ini dianjurkan menggunakan tripod agar foto yang dihasilkan tidak goyang. Sebaiknya memilih background gelap atau hitam agar penumpukan objek foto bagus dan tidak kacau.

Advertisements

About this entry