10 Tip Profesional (KOBI ISRAEL)

Ini w ambil dari sebuah majalah fotografi, w coba share…siapa tau jadi bermanfaat buat semua penggemar fotografi.

1. “Eksperimen”, jangan takut mencoba

Keterampilan teknis diperoleh dari sedikit pembelajaran dan banyak pengalaman. Dan itulah yang memfasilitasi untuk merealisasikan pemikiran, gagasan, visi, inpian dan imajinasi anda. Tipnya lebih banyak psikologisnya dibanding teknis. Ini berkaitan dengan sikap dan pendekatan pada fotografi. Tip utamanya, bereksperimenlah!

2. “Eksplorasi”, kenapa anda ingin memotretnya?

Sepertinya kontradiktif. Kendati anda harus spontan dan selalu bikin kejutan, pada saat yang sama teruslah berfikir. Secara visual galilah terus objek anda dan coba pahami apa yang membuat anda tertarik. Tanyakan pada diri sendiri: “Apa maksud foto ini?Reaksi apa yang saya inginkan dari penonton?Bagaimana cara yang terbaik untuk memotretnya?”. Latih diri anda untuk selalu spontan sekaligus reflektif.

3. “Kompisisi”, sesuai selera anda

Kompisisi memang menjadi kunci keberhasilan fotografi. Mungkin anda pun sudah sering mendengarnya. Tapi komposisi itu masalah selera pribadi. Tak ada yang salah atau benar dalam komposisi. Anda hanya perlu memahami apa yang membuat foto itu bagus, kemudian punya keyakinan untuk memotret menurut gagasan, pemikiran dan kemauan anda.

4. “Kontekstual”, cari latar berbeda

Orang biasanya terkonsentrasi pada subjek utama. Mereka kebanyakan melupakan apa yang terjadi di balik gambar. Cobalah berfikir cermat tentang latar belakangnya – pilih salah satu yang menambah relevansi, kontras dan/atau tempatkan objek di lokasi yang unik. Anda pun bisa menambah kedalaman foto dengan memberinya konteks.

5. “Keunikan”, jangan konvensional

Coba dan temukan ekspresi atau gestur dalam foto2 anda, atau kualitas cahaya yang istimewa yang bisa membuat foto jadi luar biasa. Sehingga ia menjadi “visi”, bukan sekedar gambar. Objek yang anda potret mungkin biasa, tapi temukan keunikan di dalamnya. Anda bisa memulainya dengan teman sendiri, keluarga atau lingkungan sekitar anda.

6. “Spontan”, jepret saja

Spontan saja. Jangan ragu. Cepat. Lihat, langsung jepret. Malah kadang2 potretlah sebelum anda melihat gambarnya secara penuh. Jangan terlalu banyak buang waktu dan energi anda untuk mendapatkan foto yang sempurna. Bereksperimenlah dan potretlah sebanyak mungkin. Belum tentu foto spontan anda itu buruk.

7. “Warna”, manfaatkan warna-warni

Ini salah satu tool favorit Kobi Israel dalam hal desain. Ia menentukan kandungan emosional dari sebuah foto. Dunia penuh dengan warna-warna fantastis. Optimalkan saja!

8. “Lain”, gunakan pendekatan baru

membaca buku memang membantu memahami teknik. tapi kalau kurang familiar buat anda jangan paksakan. Jika anda ingin menghasilkan foto yang menarik, berfikirlah tentang teknik yang anda peroleh dari buku, tapi cobalah memotret dengan angel yang sama sekali lain.

9. “Garis”, bikin penonton tertarik

Memanfaakan garis – imajiner atau riil – untuk mengarahkan pankmat foto ke karya anda. Banyak kegunaan garis dalam foto. Ia bisa membagi, menyatukan dan mempertegas bagian2 tertentu dar komposisi. Jika garis2 itu menarik, malah bisa menjadi topik visual tersendiri.

10. “Kejutan”, berani ambil resiko

Cobalah bikin kejutan untuk diri sendiri. Gunakan angle, lokasi, arah yang tak biasa2 saja. Dengan begitu, anda akan membuka pikiran anda pada kemungkinan2 baru. Jika tip ini anda praktikan, ada kemungkinan anda akan mendapatkan foto yang kreatif dan menarik.

_________________________________________________________
Tentang Kobi Israel

Kobi Israel adalah fotografer profesional yang tinggal dan bekerja di London. Ia telah meraih berbagai penghargaan fotografi. Ia pernah bergabung dengan berbagai penerbitan, dan sering melakukan tugas perjalanan.

Jika ingin tahu lebih jauh tentang Kobi Israel dan melihar karyanya klik-> http://www.kobi-israel.com
_________________________________________________________

Advertisements

About this entry