Siklus Mn dan Siklus Fe

SIKLUS MANGAN (Mn)

Mangan diserap dalam bentuk ion Mn++, seperti unsur hara lainnya, Mn dianggap dapat diserap dalam bentuk kompleks  khelat. Mn dalam tanaman tidak dapat bergerak atau beralih tempat dari organ yang satu ke organ lain yang membutuhkan. Mangan terdapat dalam tanah berbentuk senyawa oksida, karbonat dan silikat dengan nama pyrolusite (MnO2), manganite (MnO(OH)), rhododhirosite (MnCO3) dan rhodoinite (MnSiO3) (Davidesau, 1980). Mn umumnya terdapat dalam batuan primer terutama dalam bahan ferro magnesium. Mn dilepaskan dari batuan karena proses pelapukan batuan. Hasil pelapukan batuan. Hasil pelapukan batuan adalah mineral sekunder, terutama pyrolusite (MnO2) dan mangannite (MnO(OH)). Kadar Mn dalam tanah berkisar antara 300-2000 ppm. Bentuk Mn dapat berupa kation Mn2+ atau mangan oksida, baik bervalensi dua maupun valensi empat.

Mangan ada di air tanah umumnya dalam frekuensi yang lebih kecil dan konsentrasi yang lebih kecil (lebih dari 0.2 ppm) dari iron yang mirip sifatnya. Dijumpai sebagai mangan bicarbonate yang terlarut yang berubah menjadi mangan hidroksida yang tidak larut jika berkontak dengan oksigen. Kotoran yang disebabkan mangan lebih sulit dihilangkan daripada iron. Slime yang dibuat oleh bakteri serupa dengan bakteri iron yang juga mengoksidasi garam mangan menjadi bentuk tidak terlarut. Mangan terlarut dan iron dapat distabilkan dengan penambahan sejumlah kecil sodium hexametaphosphate ke air tanah sebelum berkontak dengan udara. Ini menunda presipitasi campuran iron dan mangan, waktu penundaan bervariasi dengan kuantitas bahan kimia yang ditambahkan. Adapun  bakteri pengoksidasi mangan yang umum antara lain Leptothrix discophora.

Siklus mangan ini dapat kita lihat dalam suatu proses produksi fuel gas baru dari sumber karbon padat. Pada siklus mangan ini terdapat empat tahap, antara lain :

  1. Produk carbide yang berasal dari Mn (oksida) dan karbon padat

xMn + yC  MnxCy

atau,

xMnOz + (y+zx)C  MnxCy + xzCO

  1. Produk fuel gas yang berasal dari hydrolysis carbide

MnxCy + H2O  H2 + hydrocarbon + xMn(OH)2

  1. Reaksi oksidasi yang spontan dari Mn(OH)­2 menjadi Mn2O3
  2. Regenerasi karbit dari Mn2O3 dan sumber karbon baru.

Gambar . Ilustrasi skematik siklus mangan untuk gasifikasi dari sumber carbon padat

SUMBER :

Anonim. Kualitas & Kuantitas Substansi Terlarut . Http://elearning.upnjatim.ac.id. Diakses pada tanggal 26 Mei 2009.

Hiroyasu Iwahara, Hiroyuki Uchida and Satochi Mizoguchi. 1985. Studies of “Manganese Cycle” for Gasification of Solid Carbon Resource. I.Formation and Hydrolysis of Manganese Cabrides and Their Repetition. Department of Environtmental Chemistry and Technology, Faculty of Engineering, Tottori University, Koyama-cho. Japan.

_________________________________________________________

SIKLUS BESI (Fe)

Besi adalah logam yang dihasilkan dari bijih besi, dan jarang dijumpai dalam keadaan unsur bebas. Besi atau ferrum biasanya bersimbol Fe. Kelarutan besi tergantung kepada nilai pH dan ketersediaan karbon dioksida. Iron ferro sebagai Fe (OH)2 dapat dilarutkan sampai 100 ppm pada pH 8 dan sampai 10.000 ppm pada pH 7. Dalam ketersediaan karbon dioksida kelarutan ferro carbonate 1 sampai 10 ppm pada pH antara 7 dan 8, meskipun dapat menjadi 100 ppm untuk pH 6 sampai 7. Untuk mendapatkan unsur besi, campuran lain mesti disingkir melalui pengurangan kimia. Besi dalam bentuk zat besi amat penting bagi semua organisme, kecuali bagi sebagian kecil bakteria. Tempat huni bakteri besi ini dalam perairan asam dari pabrik bijih logam yang mengandung sulfida logam seperti pirit besi (FeS2). Bakteri melakukan penyediaan asam belerang dan regenerasi dari Fe, komponen ini terpakai pada pelapisan biji logam.

The last 10 years have seen the emergence of a fascinat Besi sebagai fator controlling the productivity of the global ocean.ktor mengendalikan produktivitas global di laut. This Ini involves the intriguing notion that phytoplankton have cre-melibatkan dan juga menarik bahwa adanya phytoplankton dalam kondisi kimia laut sesuai them, in the process taking control of the global carbonmereka, dalam proses mengambil kontrol secara global dalam siklus karboncycle, with all that this implies for global climate change., yang dengan semua ini untuk menunjukkan perubahan iklim global. There are many gaps in the picture, and future research will Besi di alam berupa berasal dari tanah, yang pada gilirannya, akan diserap oleh tanaman, yang akan digunakan untuk hidup. Iron is very abundant in the environment especially among rocks and soil. Besi sangat berlimpah di lingkungan khususnya di antara batu dan tanah. Animals also need iron to sustain the effectiveness of hemoglobin, a compound that carries oxygen through the body.Binatang juga perlu besi untuk mempertahankan efektivitas hemoglobin, sebuah kompleks yang membawa oksigen melalui badan. A lack of iron in the diet results in a disease called anemia. As soon as organisms die, the decomposers will break down essential nutrients from the body, including iron, back to the soil.Secepat organisme mati, maka akan decomposers merobohkan penting gizi dari badan, termasuk besi, kembali ke tanah. The process is then repeated. Proses ini kemudian diulang.

Di antara bakteri pengoksidasi besi, yang terkenal ialah Thiobacillus ferrooxidans. Spesies ini dapat hidup ototrof dengan menggunakan ion besi dan sulfur sebagai donor elektron. Yang lainnya ialah Sulfolobus dari golongan Archaea dan bakteri Gallionella, Leptothrix. Reaksi umumnya: Fe2+ + bakteri besi à Fe3+. Dengan kata lain, ion ferro atau besi (II) dioksidasi oleh bakteri besi menjadi ion ferri atau besi (III). Oksidasi besi ini dapat berlangsung secara anaerob maupun aerob.

Berikut merupakan gambar dari siklus Fe di tanah.

Gambar. Siklus Fe di tanah

SUMBER :

Anonim. Kualitas & Kuantitas Substansi Terlarut . Http://elearning.upnjatim.ac.id. Diakses pada tanggal 26 Mei 2009.

Anonim. Fermangano Biofilter. Http://gedehace.blogspot.com. Diakses pada tanggal 26 Mei 2009.

Anonim. Environmental Introduction. Http://www.microbiologybytes.com. Diakses pada tanggal 26 Mei 2009.

Advertisements

About this entry